5 Tempat yang Wajib dikunjungi di Sulawesi Utara

Destinasi yang pertama kali terbersit ketika mendengar  Sulewasi Utara adalah Bunaken. Tempat wisata di Manado ini merupakan salah satu lokasi penyelaman terbaik di Indonesia. Isi lautnya memiliki pemandangan yang sangat indah dengan lebih dari 300 spesies terumbu karang serta berbagai jenis hewan dan biota laut yang menambah keindahan taman laut Bunaken.

Namun sebenarnya provinsi yang beribukota di Manado ini punya lebih banyak atraksi selain Bunaken yang tidak kalah menariknya. Kamu wajib datang ke 5 destinasi ini jika berkunjung ke Sulawesi Utara.

  1. Bukit Doa dan Bukit Kasih

Bukit Doa merupakan tempat peribadatan yang bisa ditempuh dalam waktu 30 – 40 menit dengan mobil dari kota Manado. Hawa sejuk dan cantiknya bangunan sangat menunjang untuk digunakan sebagai tempat menenangkan diri. Di Bukit Doa ini kamu juga bisa melihat perjalanan spiritual Yesus.

Sementara Bukit Kasih berjarak sekitar 50 km arah selatan Manado menuju highland atau sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Bukit Kasih terletak di Desa Kanonang Kecamatan Kawangkoan, tepatnya di kaki Gunung Soputan. Situs ini merupakan tempat wisata rohani yang menyimbolkan tenggang rasa antar agama. Di puncaknya terdapat 5 tempat ibadah yang terdiri dari masjid, gereja Katholik, gereja Kristen, kuil Buddha dan candi Hindu. Untuk mencapai puncak, kamu harus melakukan perjalanan yang lumayan melelahkan, tapi semua akan terbayar saat kamu menginjakkan kaki di sana. Bawa air mineral yang cukup ya!

  1. Air Terjun Kima Atas

Jika suka dengan kesegaran alami dari alam, tempat wisata di Manado lainnya yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Kima Atas. Sesuai namanya, air terjun ini berada di Kelurahan Kima Atas sekitar 15 km dari pusat kota Manado. Tampilan air terjun yang cantik lengkap dengan hawa sejuk dari rimbunnya pepohonan disekelilingnya sanggup menghilangkan rasa penat. Kamu wajib memasukkan destinasi wisata Manado ini ke dalam itinerary kamu.

  1. Kota Bunga Tomohon

Singgah ke Sulawesi Utara tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Tomohon yang berada 22 km di timur ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Kota ini dikenal dengan sebutan Kota Bunga. Saat musim berbunga tiba, kamu bisa menikmati taman bunga di berbagai tempat, termasuk bunga-bunga yang bermekaran di perkarangan rumah penduduk setempat.

  1. Kuliner Ekstrim

Makan sate sapi atau kambing sudah biasa kan? Bagaimana jika makanan tersebut diganti diganti tikus atau ular? Nah, salah satu kuliner unik ini bisa kamu temui di temui di Pasar Tomohon. Pasar yang terkenal dengan aneka kuliner ekstrem seperti tikus, ular dan anjing. Jika kamu ingin berkunjung ke Pasar Tomohon sebaiknya dari pagi hari karena keriuhan jual beli bahan makanan ekstrim tersebut biasanya sudah selesai pada siang hari. Selain itu, hal lain yang harus dipersiapkan untuk berkunjung kesini adalah mental, khususnya buat kamu penyayang binatang.

  1. Danau Linow

Dari pusat Kota Tomohon, Danau Linow berjarak sekitar 3 kilometer menuju arah barat persisnya di Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan. Danau Linow mudah ditemukan karena akses menuju sana melewati jalan utama yang menghubungkan Tomohon dan Kawangkoan di Kabupaten Minahasa. Destinasi Danau Linow ini sebaiknya dimasukkan di akhir itinerary kamu karena pemandangan yang indah ditambah dengan hembusan angin yang sejuk cocok untuk melepas lelah setelah seharian berkeliling Sulawesi Utara.

Oh iya, Jangan lupa untuk mencicipi sepisang goreng Goroho khas Sulawesi Utara di sana. Jika ada yang belum tahu, olahan pisang ini dimakan setelah dicocol dahulu ke dabu-dabu atau sambal khas Manado. Penasaran kan bagaimana rasanya?

Yuk jalan-jalan ke Sulawesi Utara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s