Satu hari menjelajah Pulau Belitung? Bisa!

Pulau Belitung merupakan pulau yang terkenal dengan berbagai macam pantai cantiknya yang sangat khas dan sulit ditemukan di tempat lain. Tidak hanya pantai, Belitung juga mempunyai beberapa tempat menarik lain yang wajib dikunjungi. Sehingga membuat Pulau Belitung tempat yang pas sekali untuk berlibur.

Artikel kali ini cocok untuk kamu yang punya jadwal super sibuk tapi ngotot ingin ke Belitung. Saya akan berbagi info tentang tempat-tempat tujuan wisata yang bisa kamu kunjungi hanya dalam satu hari untuk berlibur di pulau super cantik ini. Yuk kita simak!

  1. Danau KaolinDanau Kaolin

Danau Kaolin terletak tidak jauh dari bandara  H.A.S Hananjoedin. Danau ini awalnya merupakan lubang-lubang galian akibat penambangan kaolin yang belum sempat direklamasi oleh perusahaan penambang yang bertanggungjawab sehingga lubang-lubang tersebut  membentuk danau. Di balik kemirisannya, tempat ini sangat indah dan menjadi daya tarik yang tersendiri untuk wisatawan yang datang ke pulau belitung. Danau Kaolin terletak dipinggir jalan Murai dan jaraknya hanya 10 km dari bandara H.A.S Hananjoedin.

  1. Mie AtepMie Atep

Kalau sudah sampai Belitung, sayang rasanya untuk tidak mencoba mie khas belitung yang terkenal yaitu Mie Atep. Warung mie yang terletak di Jalan Sriwijaya nomor 27 ini konon sudah ada sejak tahun 1973. Mie Atep terdiri dari mie kuning dengan kuah kaldu udang yang dilengkapi dengan berbagai macam topping di atasnya seperti udang, kentang, tauge, mentimun serta emping. Mie Atep cenderung terasa manis, maka minuman yang paling pas untuk menemani sarapan kamu adalah Es Jeruk Kunci yang sangat segar.  Sarapan Mie Atep dengan segelas Es Jeruk Kunci di sini cuma menghabiskan 15ribu rupiah saja. Murah, kan?

  1. Pantai Tanjung KelayangPantai Tanjung Kelayar.JPG

Setelah sarapan di tengah kota Tanjung Pandan, kamu bisa menuju utara Pulau Belitung. Sekitar 27 Kilometer dari pusat kota terdapat Pantai Tanjung Kelayang yang cocok sebagai pantai pertama yang kamu kunjungi di Pulau Belitung. Di sini kamu bisa bermain di pantainya yang berpasir putih dan berair jernih sambil menyantap es kelapa buah. Selain itu pantai ini merupakan salah satu starting point jika kamu ingin island hopping ke pulau-pulau kecil di sekitar pulau Belitung. Kamu bisa menyewa perahu kecil seharga Rp 400-500 ribu untuk kapasitas 12 orang. Dari pantai Tanjung Kelayang kamu akan dibawa ke Pulau Burung, Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar dan Pulau Pasir.

  1. Pulau LengkuasMercusuar

Pulau Lengkuas adalah destinasi wajib yang tidak boleh dilewatkan untuk island hopping di Belitung. Sesampainya di pulau ini kamu akan disuguhkan pemandangan laut biru yang jernih, hamparan batu granit di sisi pantai, serta pasir putih yang lembut. Pulau Lengkuas juga terkenal dengan mercusuarnya yang tinggi menjulang dan sudah berdiri sejak jaman kolonial belanda tahun 1882. Kalau kamu ke Pulau Lengkuas, rasanya sayang sekali jika tidak naik ke puncak mercusuar ini. Percayalah, perjuangan kamu menaiki 18 lantai dijamin tidak akan sia-sia karena ketika sampai di puncaknya, kamu akan tercengang dengan pemandangan yang sangat breathtaking!

Selain pemandangan dari atas mercusuar, pemandangan bawah laut Pulau Lengkuas pun tidak kalah cantiknya, loh! Pulau ini mempunyai beberapa spot diving dan snorkeling yang bagus dan tidak jauh dari bibir pantai. Jadi jangan lupa bawa baju ganti, ya! 😀

  1. Pantai Tanjung TinggiPantai Laskar Pelangi

Sehabis island hopping, kamu bisa menuju Pantai Tanjung Tinggi yang letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang. Pantai yang mendadak terkenal akibat dijadikan tempat shooting film Laskar Pelangi ini merupakan pantai berpasir putih yang dikelilingi oleh batu-batu granit yang tinggi dan besar bahkan sampai seukuran rumah. Selain cocok dijadikan tempat untuk berfoto-foto, pantai ini juga aman bagi kamu yang ingin berenang karena ombaknya yang cenderung tenang.

Setelah seharian berkeliling, kamu bisa check in ke hotel dan pulang dengan flight paling pagi esok harinya. Memang terdengar melelahkan, tapi kalau hati senang rasanya semua kelelahan pun tidak akan ada artinya, kan? 🙂 Akan lebih baik bila kamu bisa punya waktu 2-3 hari agar bisa mengunjungi semua tempat wisata di Pulau Belitung, tapi saya rasa tempat-tempat di atas sudah cukup mewakili keindahan pulau ini.

 

Jadi siapa bilang berlibur ke Belitung harus cuti? Sehari juga bisa! 😉

2 Comments Add yours

  1. bisa sih bisa, tapi beluum puaas.. 😀

    Like

    1. clueyourun says:

      cocok banget ini buat yang lagi ada kerjaan bisnis. Hahaha.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s